Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Situs Alexa

Hay sobat, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara Verifikasi blog di situs alexa rank. Alexa Rank merupakan sebuah situs penghitung rangking, sama seperti kita di sekolah saat penerimaan raport, pasti kita punya masing-masing rangking. Nah rangking itulah yang di hitung oleh situs alexa, tapi bedanya rangking di alexa ini untuk blog dan website dan bukan untuk rangking pembagian raport ya.

Cara kerjanya pun kurang lebih sama dengan pengurutan rangking di sekolahan yaitu, dari yang paling bawah ke atas, yang di mana siswa yang mendapatkan rangking 1 adalah siswa yang memang memiliki kelebihan dari temen-temennya. Sama dengan alexa rank, di mana setiap blog akan di data dan di ranking oleh situs ini, dari yang terendah sampai yang paling tinggi. Jika sebuah blog mendapati rangking di alexa adalah rangking 1. maka blog tersebut akan menjadi mahal harganya karena beda dengan blog yang lain.

Sedangkan untuk Mendapatkan rangking yang ramping seperti rangking 1 di alexa, bukan lah suatu hal yang mudah dan cepat. Karena yang bersaing bukan hanya puluhan orang seperti di kelas, tetapi pesaing nya sangat lah banyak bahkan miliaran blog dan situs dari seluruh dunia, sobat bisa hitung sendiri lah seberapa banyak blogger saat ini, cara nya bisa browsing-browsing di intenet dengan kata kunci "Jumblah blog dan situs di seluruh dunia". Jangankan seluruh dunia, di indonesia saja situs dan blog yang aktif mencapai ratus ribuan, apa lagi kalau seluruh dunia, sobat bisa bayangkan saja sendiri.

Jadi untuk mendapatkan ranking yang bagus di situs alexa tidak mudah dan waktunya cukup lama, kecuali sobat memliki cara sendiri yang bisa membuat blog sobat jadi one page di alexa.

Baca juga : Cara Merampingkan Alexa Rank dengan Cepat

Cara Kerja Situs Alexa

Dari mana alexa mengetahui rank setiap blog dan bagai mana cara kerjanya? Alexa bisa mengetahui setiap blog oleh widget dan mesin penulusur yang di pasang di setiap blog yang telah terdaftar.

Apa sobat tertarik untuk mencoba mengetahui urutan blog sobat dari seluruh blog yang ada di dunia? jika ya, sobat bisa mendaftarkan blog sobat pada situs alexa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

A. Mendaftarkan Blog di Situs Alexa

Tahap pertama yaitu mengambil kode blog sobat di situs alexa, berikut langkah-langkahnya.

1. Silahkan sobat masuk di situs alexa dengan mengklik link ini http://www.alexa.com/siteowners/claim.

2. Masukkan alamt url situs sobat pada kota yang telah di sediakan, misalnya untuk contoh saya menggunakan alamt url blog saya ini yaitu http://bosteknoid.blogspot.co.id. Lihat gambar di bawah.

Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Situs Alexa

3. Kemudian Klik Continue. Maka sobat akan di bawah pada halaman untuk login, di sana sobat akan mendapatkan beberapa pilihan di antaranya, mendaftar baru atau masuk dengan menggunakan akun facebook Sobat, untuk cara ini saya masuk menggunakan akun facebook saja, karena menurut saya lebih cepat dan simpel. Langsung klik login dengan mengklik tulisan Login With Facebook.

Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Situs Alexa


4. Setelah itu, sobat akan di minta untuk memverifikasi ke pemilikan blog yang tadi telah di daftarkan. Terdapat tiga metode dalam pemVerifikasian tersebut, langsung saja sobat pilih metode yang ke dua, yaitu meletakan kode id Alexa pada blog sobat.

Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Situs Alexa


5. Ambil kode yang terdapat di sana dan simpan dulu pada tempat penyimpanan seperti notepad dan sebagai nya, asalkan bisa untuk menyimpan kode tadi.


B. Meletakan kode Verifikasi ID Alexa pada Blog


1. Masuk pada Blog sobat, dalam tutorial ini saya menggunakan blogspot, untuk selain blogspot cara-caranya kurang lebih sama.

2. Pada halaman Dashbord blog, silahkan sobat pilih Themplate yang terdapat pada samping kiri bawah menu blogger > edit HTML. Untuk yang menggunakan wordpress, silahakan klik tampilan > Penyuntingan > cari folder Header.php, untuk contoh blogspot lihat di gambar di bawah ini.

Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Situs Alexa


3. Cari kode <head> untuk memudahkan mencari silhakan gunakan Ctrl + F dan ketikan pencarian sobat di sana. Lihat gambar.

Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Situs Alexa


4. Setelah ketemu, silahkan sobat letakan kode dari alexa tadi tepat di bawah kode <head>. Lihat gambar di atas.

5. Jika sudah klik simpan.

Sedangkan Untuk wordpress caranya sama, tinggal mencari kode <head> di folder header.php dan letakan di bawah kode <head>, kemudian simpan / upload.

6. Setelah semua tersimpan. Sobat kembali kemenu alexa, jadi halaman alexa yang tadi jangan di tutup. Kemudian klik Verify My Id. Jika sobat melakukan cara di atas dengan benar, maka akan ada pemberitahuan bahwa Verifikasi telah berhasil di lakukan. Lihat gambar.

Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Situs Alexa


Nah sobat sudah selesai melakukan verifikasi blog di situs alexa, sekarang sobat tinggal merampingkan nya saja agar menjadi rangking satu di situs alexa, banyak sekali ke untungan nya jika rangkin alexa sobat ramping dan yang jelas akan berdampak pada kemajuan dan ke populeran blog yang sedang sobat kelolah.

Baca juga : Cara Memasang widget alexa di blog

Jika penjelasan di atas kurang jelas atau tidak mengerti, mohon untuk jangan sungkan bertanya, baik itu melalui kotak komentar di bawah maupun memlalui menu komentar yang terdapat di menu bar di atas. Trimakasih, Semoga berhasil.

6 comments:

  1. Alhamdulillah, kalau begitu mas.

    ReplyDelete
  2. Ooh, begitu mas cara nya, baru tahu saya.soalnya di artikel lain enggak lengkap penjelasannya, trimakasih mas. Saya mau coba dulu.

    ReplyDelete
  3. Mantap tutorialnya mas. Kebetulan saya juga bingung gimana daftar alexa, sekarang saya mau coba dulu ya mas.

    ReplyDelete